BahWa untUK meNJAdi SEOrang juARA, kiTA HanYA HaRUs BERusaha sediiIIIKKIIItt leBIh bAIK dARi orANG laIN.....HAPPy reAdinG JOBseeKER!! :)

Minggu, 23 Oktober 2011

Dear Boss (Part three)

Posting ini bukan hasil tulisan aku tapi "henry manampiring" punya. pengen share lewat blog ini karna tulisannya bagus, kalo kemaren2 aku posting tentang boss kebanyakan dari bad side-nya, nah posting inii bisa jadi good side-nya ya. kalo yang suka nge-tweet bisa follow dia di @newsplatter .


BOSku GURUku....

(Judulnya sumpah kayak judul drama percintaan picisan, “Bosku Pacarku”, “Guruku Pacarku”, “Pacarku Sadakoku”, dll)

Gw sudah pernah kerja sama beberapa bos, baik produk lokal maupun expat. Gw bersyukur hampir semuanya bos gw baik orangnya, dan lebih penting lagi, ada sesuatu yang bisa gw pelajari dari mereka. Hanya satu yang sedikit “deng dong”, tetapi itu toh tidak terlalu mengganggu karena dia orangnya baik.

Berikut beberapa pelajaran yang gw petik dari bos-bos gw, secara tidak berurutan…. (ceritanya supaya yang tau CV gw gak bisa nebak ini bos yang mana :p)

Bos 1: Bos yang ini terkenal galak banget, tetapi galaknya bukan elu dimaki-maki atau ditimpuk sepeda fixie. Dia galak karena pinter keminter banget. Kalo presentasi atau e-mail ide ke dia dan kita pemikirannya gak siap, bisa ditembakin lebih cepat dari Lucky Luke. Banyak banget kolega yang takut kalo dia dateng ke presentasi kita.

Kok serem? Jadi apa dong yang bisa gw pelajari dari dia? Yang gw dapet dari dia adalah soal team leadership. Dia akan sangar sama anak buahnya. Kita akan dicambuk, digiling, dan digoreng soal kualitas pemikiran kita, betul, tetapi ketika berhadapan dengan pihak di luar team, dia akan ngebelain kita mati-matian. Jadi walaupun kita digembleng berat di dalam, tapi di luar anak-buahnya merasa terlindungi. Malah kadang2 gw berasa kayak kerja sama Godfather gitu…aman dari yang lain :D

Soalnya gw sering denger cerita soal bos yang gak akan ngebelain anak buahnya di depan. Bahkan bisa ikut-ikutan menghajar anak-buah sendiri di depan yang lain. Dan si Bos 1 ini gak kayak begitu sama sekali. Gw belajar untuk cover for my team dari dia.

Bos 2: Bos yang ini rileks, tapi suka banget bitching. Dan bitchingnya kelas Academy Award gitu, lucu banget. Gw selalu dibuat ketawa terpingkal-pingkal kalo dia mulai ngebitching soal kerjaan dia. Saking seringnya dia ngebitching, gw jadi nanya ke dia: kok bisa bertahan di bidang ini sekian lama kalo ngomel terus.

Dan jawabannya memukau gw. “Henry, gw selalu mencintai bidang ini, karena ini passion gw. Tapi gw benci sama ‘kerjaan’nya. I love the ‘field’, although I hate the ‘job’. Dan kecintaan pada bidang ini yang bikin gw bisa bertahan menjalani kerjaanya…”

Dari bos 2 ini gw belajar bahwa kerja itu harus cinta dulu pada bidangnya. Tidak ada pekerjaan yang sempurna. Setiap pekerjaan pasti ada printilan dan drama sehari-hari yang nyebelin. Tapi kalo cinta sama bidangnya, ya hal-hal sepele itu gak terlalu nyebelin. Kalo elu suka kerja di banking, rempongnya kerjaan di bank lebih bisa dijabanin. Kalo elu suka jadi penyanyi, capeknya jadi penyanyi juga lebih ringan terasa, dll.

Ibaratnya kayak jatuh cinta aja. Kalo elu udah jatuh cinta mampus sama seorang perempuan, biarpun dia ngupilnya tidak elegan, elu akan tetap cinta kan? Jadi dari beliau gw belajar untuk bekerja di bidang yang gw cintai.

Bos 3. Orangnya baaaiiiik sekali kepribadiannya. Ramah, sopan, bahkan ke anak buah sendiri. Tapi pelajaran terbesar gw dari beliau bukan soal baik, ramah, dan tidak sombongnya.

Suatu hari, gw membuat kesalahan fatal dalam design suatu pekerjaan, dan sialnya gw baru menyadari kesalahan itu ketika pekerjaan tersebut sudah dieksekusi. Memang kesalahan ini tidak berakibat seluruh project tersebut menjadi sia-sia, tetapi ada bagian yang jadinya tidak bisa digunakan. Dan pekerjaan itu bernilai seratus juta lebih. Saat gw menyadari ini, gw lemes banget. Mati nih gw, alamat dipecat deh.

Jadi gw memutuskan melangkah gontai ke ruangan beliau untuk melaporkan. Gw jujur ngaku kesalahan yang gw bikin. Dengan kepala tertunduk, gw nungguin dimarahin. Tahu apa yang dia katakan? Beliau hanya berkata, “Kamu dapet pelajaran apa dari hal ini?” Gw bilang kalo gw harus teliti ini dan itu, dan melakukan langkah ini itu. Dan dia hanya berkata, “Ya sudah, yang penting kamu belajar sesuatu. Jangan kuatir lah soal itu…”

Gw lega bercampur kaget, karena gak nyangka. Tapi begitulah, dari beliau gw belajar bahwa kesalahan itu baru mahal kalo kita tidak belajar darinya.

Bos 4. Ini bos yang pinter juga, walaupun kalo gw ngelawak dia jarang banget ketawa. (Gw sebenernya agak tersinggung sih kalo gw ngelawak dan bos gw gak ketawa. Selain masalah harga diri gw juga malu, anying…) Tetapi bos ini punya filosofi yang unik tentang karyawan dan etos kerja. Dia percaya bahwa karyawan harus bekerja saat dia merasa ingin bekerja. Artinya, happiness dari karyawan adalah penting. Bahkan SANGAT penting.

Di kantor Bos 4 ini bahkan ada Survey Kebahagiaan Karyawan. Kalau sampe banyak karyawan tidak merasa happy, harus dicari tindakan. Dia bahkan pernah bilang ke gw, kalo gw lagi gak mood ngantor, ya jangan pergi, karena toh kerjanya gak maksimal. Siapa tahu lebih siang kalo moodnya balik, silahkan baru ke kantor. Bagi beliau yang penting bukan jam kantor, tetapi hasil pekerjaannya bagus dan tepat waktu,

Awalnya gw kaget juga sih dengernya. Soalnya kalo karyawan2nya pada gak disiplin atau nakal, ya bisa pada bolos-bolos semua gitu dong. Tetapi beliau menekankan bahwa dia menekankan pada trust dan memperlakukan karyawan sebagai orang dewasa. Dan si pemberi trust kadang-kadang harus berani trust duluan. Kalau trust ini disalah-gunakan, barulah ada mekanisme koreksi dan teguran.

Di tengah banyak perusahaan yang memperlakukan karyawannya tidak lebih sebagai “alat” yang harus diperas sebaik-baiknya, dari bos 4 gw belajar tentang pentingnya morale/motivasi karyawan diperhatikan dahulu. A happy employee will produce better quality work too!

Bos 5. Ini bos yang ngerti selera humor gw, dan juga sebaliknya. Kita sering ngakak ngetawain joke masing-masing. Bahkan kita sering ngelirik cewek bareng. (Ngerti kan kenapa harus disamarkan….gw bisa digaruk sama bini-nya si bos 5 kalo ketauan…) Dia juga kelewat sopan sama anak buah menurut gw. Kalo mau nyuruh selalu pake kata-kata “Kira2 kamu bisa bantuin untuk….” Ya elah, namanya loyal fruitchild (anak buah setia) yang tinggal suruh aja kaleee…

Tetapi di balik pribadi beliau yang santun dan hobinya yang melucu, tersimpan kecerdasan luar-biasa, khususnya dalam memanage orang. Cara dia berkomunikasi akan berubah-ubah. Dengan yang senewan dia akan menenangkan. Dengan yang sensitif, dia akan hati-hati. Dengan yang rese dia bisa keras dan tegas. Mungkin karena gw suka bercanda, dia pun menyesuaikan diri?

Itulah yang bikin gw kagum dari Bos 5. Sebagai bos dia tidak harus menjadi semau gaya dia dan berharap anak buahnya yang ngerti dia. Dia make effortuntuk membaca kepribadian orang, dan menyesuaikan gaya komunikasidengan orang tersebut. Dan menurut gw ini salah satu skill tersusah, karena menuntut kitanya yang adaptif dan belajar mengerti orang terlebih dahulu.

Demikianlah kisah tentang bos-bos gw selama ini. Looking back, gw rasanya gak percaya gw selalu dapet bos yang selalu sekaligus menjadi guru gw. Dan ini menjadi cambuk buat gw, apakah gw bisa menjadi guru bagi orang lain juga? Gw takutnya yang dipelajari anak-anak buah gw selama ini adalah garingan-garingan gak bermutu…

hiks.

halah.

Jumat, 21 Oktober 2011

RESIGN..OR...STAY?

Apa ya yang salah dari generasi kita? Dibanding generasi jaman ortu kita dulu yang bisa bertahan kerja berpuluh-puluh taun, generasi kita sekarang tu generasi yang turn over kerjanya tinggi banget. baru kerja berapa bulan, bosen, nggak betah, trus resign aja gitu, cari perusahaan lain. Lompat dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Mending lompatnya ke tempat yang lebih bagus, kadang malah kita Cuma terjebak di tempat yang sebenernya sama aja, Cuma casing perusahaannya aja yang beda. Jadi, problem-problem di perusahaan lama masih ada aja, alhasil, kita nggak betah lagi trus pindah kerjaan lagi.

Kadang, tiap kali capeek banget kerja atau abis dimarahin abis-abisan sama bos, ada terbesit keinginan buat resign. Tapi abis itu mikir lagi. Cari kerja itu nggak gampang. Modal aku belom cukup buat cari pekerjaan baru. Modal dalam arti pengalaman kerja. Menurutku, kita harus punya nilai jual tinggi dulu buat dapetin kerjaan baru yang lebih ok. Dan yang pasti mental yang lebih kuat juga. Perusahaan yang lebih besar, dengan gaji yang lebih besar otomatis, problem yang ada juga akan lebih besar dan kompleks. Itu udah pasti. Yang belom pasti adalah, kesiapan kita buat ngadepin itu semua.

Ada perusahaan yang nahan ijazah kita selama kita kerja, dengan kata lain, mereka nggak kasih kita kesempatan buat kerja di tempat lain. Perusahaan kayak gini emang paling nggak enak. Kalo kamu udah yakin banget buat kerja di perusahaan itu, ya nggak masalah. Kalo belom? Mending cari perusahaan yang lebih fleksibel deh.,

Banyak juga perusahaan yang mengikat kita bukan dengan cara menahan ijazah, tapi dengan mengikat kita dengan kontrak yang kalo kita langgar bakal kena pinalti bukan Cuma duit, tapi juga di black list dari group perusahaan mereka. ya kalo group-nya Cuma 1 atau 2 perusahaan ya ga masalah ya, nah kalo kayak perusahaan automotif besar yang satu itu tuh. Tanpa nyebutin nama, kalian pasti tau lah ya, salah satu group perusahaan automotif terbesar di Indonesia. Di awal Management Trainee, biasanya kita dikontrak selama 6 bulan (masa OJT) abis itu baru MT 2 taun. Nah kalo selama 2 tahun ini kita resign, kita harus bayar denda sekian rupiah biaya kita dari awal training di sana yang udah pasti puluhan juta itungannya, trus kita juga bakal di black list dari 1 group perusahaannya (yang kira-kira ratusan jumlah anak perusahaannya) plus di black list dari semua vendor di group perusahaan itu (yang kira-kira lebih banyak lagi jumlahnya dari anak perusahaanya sendiri). dengan kata lain, kita bakal lebih susah dapet perusahaan baru kalo kita keluar dari perusahaan itu.

Belom lagi, biasanya di perusahaan baru, mereka akan minta referensi dari perusahaan lama, atau mereka bakal hubungin perusahaan lama kita buat nyari referensi tentang kita. Artinya, kalo kita resign dengan cara yang nggak baik (ngeloyor gitu aja), kita bakal dapet referensi yang buruk dari perusahaan lama.

Aku share ya pengalaman temen kantor aku yang udah pengen banget resign dari perusahaan, sebut saja perusahaan XXX (*Apa sih). Waktu dia masih kerja di perusahaan XXX ini, dia nyoba tes di perusahaan lain yang masih satu lahan sama perusahaan XXX. Satu lahan maksudnya masih satu bidang. Waktu itu dia udah nyampe tahap interview. beginilah dialog interview mereka.

Interviewer : Kamu tau nggak Pak A, Pak B, dan Pak C (nyebutin nama bos-bos perusahaan XXX)

Temen kantor : Iya kenal Pak.

Interviewer : “Mereka itu tadinya kerja di sini dan pindah ke perusahaan kamu. Lah kamu ngapain ke perusahaan ini??”

Temen kantor : *Speechless

Interviewer : Kamu tu harga produk perusahaan kamu itu berapa 1 pcs-nya?

Temen kantor : sekitar Rp.500.000 pak.

Interviewer : Nah! Harga produk di sini Cuma Rp.200.000! mahalan produk kamu!

Temen kantor : *Masih speechless

Interviewer : Jadi maaf, karena kita punya hubungan baik sama perusahaan XXX, makanya kita nggak bisa terima kamu disni.

Temen kantor : *Tambah speechless.

Sekarang si temen kantor ini udah bener-bener resign dan denger-denger lagi nyari perusahaan lain yang beda lahan sama perusahaan XXX. Dia resign lumayan nggak terhormat sih, alias ngeloyor gitu aja. sayang banget. dia bisa di black list sama satu group perusahaan kita plus vendor2nya juga. Soalnya (*aku juga baru tau) kalo perusahaan aku ini sama aja pinaltinya kayak perusahaan automotive itu. Bakal di black list kalo resign secara tidak terhormat, yang jelas, nggak bakal dapet referensi yang bagus dari perusahaan yang lama.

Karena itu….pikir-pikir dulu deh kalo mau resign. Kalopun terpaksa harus resign. Baik-baik aja, karena menyangkut kesempatan kerja kita berikutnya juga di perusahaan yang lain.

Dear Boss (Part Two)

Setelah merunut posting demi posting di blog ini, kayaknya aku belom pernah ya nyebutin nama perusahaan tempat aku kerja sekarang? bener kan? nah kalo gitu aman. Aku mau cerita soal bos-bos aku di kantor :p. lumayan, bisa jadi referensi buat ngadepin bos-bos lain di luar sana. :D

Aku kerja di tempat dimana mayoritas pekerjanya adalah cowok. Termasuk bos-bosnya juga. Di divisi aku sendiri, aku musti ngadepin 2 bos dengan karakter yang beda. Belom lagi ngadepin bos-bos dari departemen lain. Jadi..total di kantor ini, ada 4 bos yang harus (mau nggak mau) aku hadepin karena emang ada hubungannya ama kerjaan aku. Semuanya cowok. Semua punya karakter unik (baca: nyebelin) masing-masing.

1. Bos Idealis bikin meringis

Nah ini bos aku langsung. Ibarat proses recruitment, dia ini user aku. Orang batak. Ganteng, putih kayak cina. Masih muda dan udah sukses. Bisa dibilang sukses karena dia masih 34 tahun dan udah bisa menduduki jabatan kepala divisi. Cita-cita dia umur 40 tahun udah bisa masuk jadi jajaran direksi. Orangnya juga pinter (kayaknya sih), well yang jelas dia sangat perfeksionis, dan jeli banget kalo mriksa kerjaan. Bisa ampe detail banget.

Okelah, udah cukup ya muji-muji dia. perut aku udah bergejolak nggak jelas. Eneg. Tadinya aku mikir. Paling enak emang punya bos ganteng. Paling nggak, kalo dia galak n nyebelin, masih nyisa gantengnya gitu loh. Tapi statement ini segera aku ralat sendiri, tepat 5 detik setelah statement itu muncul di pikiran aku. Punya bos kayak dia nggak enak!

Dia sengaja minta letak meja kerjanya deket ama kita para bawahannya. Entah ini takdir atau cobaan, dia naro meja kerja aku hanya 4 jengkal dari meja kerja dia. yang artinya, boro-boro aku jalan ke luar ruangan, aku geleng-geleng kepala aja mungkin dia bisa liat.

Dia itu berangkat kerja paling pagi dan pulang paling sore. Kita-kita yang udah pengen pulang terpaksa stay di kantor cuma gara-gara nggak enak karna dia belom pulang. Kalo Tuhan kasih 1 hari itu 28 jam, mungkin dia bakal ada di kantor 29 jam! Dan herannya dia betah banget duduk di kursinya itu. Kadang aku mikir, itu pantatnya nggak pegel apa duduk mulu. Tapi peduli apa aku ama pantat dia ya. Yang jelas, kita para bawahannya yang malang ini nggak suka sama keberadaan dia karena 1. Omongannya nggak enak. Suka bikin makan ati, semua kerjaan kita kayaknya minus aja gitu di depan dia. 2. Tiap dia kasih 1 kerjaan, kita musti revisi sejuta kali buat dapet acc dia. itu pun di acc karna mepet mau ada audit dari customer atau pemerintah. 3, 4, 5, dst… pengen banget nyebutin satu-satu, tapi yah kayaknya Cuma bakal membuka luka lama aja (*ceilah) karna dia sekarang dia udah resign. Dia pindah ke perusahaan dimana selama ini perusahaan inilah yang jadi customer besar kita, yang kalo order produk ke kita syaratnya macem-macem dan bikin repot. Klop lah kayaknya dia ama perusahaan itu. Sama-sama nyusahin!.

Betewee….walopun dia nyebelinnya nggak ketulungan (karena ternyata bukan Cuma kita yg sebel, tapi hampir seluruh perusahaan ga suka sama dia, bahkan ada yang mau syukuran gara-gara dia resign), tapi dia punya jasa yang cukup besar bagi karir aku. Setidaknya, dialah orang yang udah kasih aku kesempatan buat kerja di perusahaan ini, setelah lama banget nganggur, dan dialah orang yang membuat kita tertuntut untuk kerja se-perfect mungkin. tapi ya tetep aja, aku jauh lebih bersyukur dengan kepergian dia. Rasanya lega ampe ke ubun-ubun!

2. Bos Ganteng nan menawan.

Tadi aku bilang bos aku yang pertama ganteng? Nah yang ini lebih ganteng. Blasteran Belanda (pantes ganteng), Dia direktur teknis aku. Bosnya bos aku yang pertama. Umurnya lebih tua. 50-an kayaknya. Tapi gantengnya abadi. Banyak cewek-cewek yang nge-fans ama dia, karena selain dia genteng, perlakuan dia ke cewek-cewek juga suka bikin ge-er. Flamboyan! Mungkin itu kata yang tepat buat dia. buat aku, mendingan bos kayak gini deh dari pada bos yang kaku yang kerjaannya suka marah2 nggak jelas.

Nah, dengan resign-nya bos aku yang pertama tadi, akhirnya si bos bule inilah yang sekarang jadi atasan aku langsung. Berhubung kerjaan aku banyak terlibat langsung sama dia, akhirnya aku sering banget discuss sama dia, dibanding bawahan dia yang lain. Dan emang si bos bule ini sukses deh bikin aku ge-er. Dia kadang suka tiba-tiba datengin meja aku, narik kursi kosong dan duduk di sebelah aku Cuma mau bilang “gimana kerjaan kamu?” atau pernah nih suatu hari aku dateng ke ruangannya. Waktu itu kondisinya aku lagi pilek menahun. Udah 2 minggu nggak sembuh2! Dengan berbekal selembar tissue, aku menghadap ke mejanya buat discuss soal kerjaan aku.

“permisi paak…”

“Ya..masuk..”

Aku langsung duduk di kursi sambil ngelap ingus pake tissue. Waktu dia ngeliat aku gitu, dia langsung matiin AC-nya.

“Kamu masih pilek? Kedinginan ya?”

AIIIIHHHH…..gimana nggak meleleh punya bos begituuuh… *tersipu-sipu.

Tapi si bos ini emang nggak cuma ganteng sih, tapi juga keren “the way of thinking-nya”, dia bisa mengkoreksi kita, tanpa membuat kita jadi down, dan dia mau gitu mengarahkan cara kerja kita, jadi nggak Cuma nyuruh2 doang. Apalagi kalo harus mengarahkan anak buahnya yang cewek-cewek. Demen banget dah dia. :P

Pernah juga aku terlibat pembicaraan sama dia yang agak-agak menjurus gimana gitu…kayak gini nih.

“Pak, saya nggak ngerti “BF”, saya nanya kesana- kemari juga nggak ada yang ngerti pak”

“Oh, saya tau kokBF”. Saya pernah ikutan training-nya, kalo kamu mau, nanti saya kirimkan ke kamu ya materi training “BF-nya”.

“Oh bapak ada? Boleh deh pak, nanti saya pelajari dulu materi “BF”-nya.

…..beberapa saat kemudian..”

“sudah saya kirim ya “BF-nya”, kamu pelajari dulu.

“Baik Pak..”

NOTE : BF = Balancing Faktor. Metode pngukuran performansi kinerja operator.

3. Si bos Bom Waktu.

Kenapa bos bom waktu?? Jadi, nama dia itu gabungan dari bahasa inggrisnya “panas” dan “laki-laki” ( gabungin aja sendiri asal jangan di sebut yak, gawat kalo mpe ketauan :p). dan kayaknya ni orang tuanya salah kasih nama deh. Nama kan doa. Kalo dia kasih anakanya nama itu, bisa-bisa ntar anaknya jadi laki-laki yang cepet “panas” alias gampang emosi dan meledak-meledak. Ya kayak si bos yang satu ini. makanya aku sebut dia bos bom waktu. Bisa meledak kapan aja sesuka dia.

Pernah satu kali aku dibentak-bentak ama dia. dia bisik-bisik aja kita bisa denger, apalagi dia tereak-tereak. Bisa satu pabrik denger semua. Dan itulah yang dia lakukan ke aku. Marah-marah sambil teriak-teriak ke aku yang aduhai malang nian ini. dan kejadian itu sukses membuat satu ruangan hening tak berkutik. Semut aja nahan napas kayaknya. Dan setelah dimarahin itu aku langsung turun ke pabrik, selagi semua orang nyariin. Dipikir aku kabur lari ke hutan, belok ke pantai untuk menyendiri atau apalah (*apa sih). Padahal aku Cuma ngelanjutin kerjaan aku yang tertunda gara-gara musti ngadep si bos labil ini aja. shock jelas. Sedih iya. tapi masa iya aku ngabur atau ngumpet di balik mesin2 gitu abis dimarahin.

Besokannya pas dia lagi ngarahin pegawai baru dia bilang gini sama si pegawai baru itu.

“anggap aja di sini rumah sendiri ya..di sini orangnya baik-baik. Kalo ada yang nggak baik, bilang sama saya. Saya ini orangnya meledak-ledak,tapi biasanya Cuma sesaat aja, besoknya udah biasa lagi, termasuk kemaren si Irma saya marah2in.” kata si bos ini sambil ketawa ngelirik aku yang meja kerjanya di depan dia persis. Aku pun berusaha untuk ketawa. Nothing is funny sebenernya. Tapi lega juga karna ternyata dia emang gitu orangnya. Gampang marah, tapi gampang baek lagi.

Walopun begitu, dedikasi dia patut diacungin jempol. Dia dateng pagi banget, langsung turun ke lapangan buat ngecek ini-itu,dan pulang paling sore. Salut!

4. Big Boss.

Ini dia big bos kita. “Big” dalam arti sebenarnya. Badannya gede banget! kalo main petak umpet paling enak sembunyi di belakang dia. kita selonjoran juga ga bakal keliatan. Pernah ada tebak-tebakan di kantor.

“Tebakan! Berapa ukuran celana big bos?”

“XXXXLLLLL!” jawab aku asal.

“Salah! jawabannya All size! Alias semua ukuran celana di dunia disatuin, nah itulah ukuran celana dia.” :D

Tapi si big bos ini adalah bos paling unik bin ajaib diantara ke-4 bos sebelumnya. Dia suka ngeremehin hal-hal yang bener-bener remeh gitu. Kayak misalnya, dia suka manggil orang ke dalem ruangannya Cuma gara-gara orang itu lewat depan ruangannya (*yang Cuma dibatesin kaca gede sama ruangan kita) sambil ngeliatin si big bos. Atau dia panggil satpam gara-gara ada pekerja yang suara motornya kenceng banget masuk ke kantor atau kadang dia manggil orang Cuma karena pengen ngobrol aja, sambil nungguin kelar maghrib, baru dia pulang, biar nggak kena macet gitu!

Si Big Bos ini juga suka iseng. Dia suka nelponin telepon kantor Cuma untuk make sure kalo kita nggak males ngangkat telpon. Pernah suatu hari dia telpon ruangan HRD. Dia telpon di 3 line HRD dan nggak ada yang diangkat. Alhasil dia ngambek trus nyabut 3 telpon di departemen HRD nahan 3 telpon itu di ruangannya. Dia ga mau balikin sampe CEO kita sendiri yang minta dia buat balikin tu 3 telpon itu ke tempatnya semula!

Aku pernah juga dipanggil ke ruangannya dia, suruh revisi analisa budget buat pembelian konveyor baru. Di situ tertulis budget kita 100 juta dan harga konveyor itu cuma 20 juta. Kebodohan bermula di sini, dia pikir harga konveyornya 100jt. Dia udah ribet banget ngomong “kamu itu kalo bikin analisa budget ini harus dibikin juga BEP-nya berapa lama. Jadi perusahaan tau mereka bakal dapet untungnya kapan dengan pembelian konveyor ini. kamu harus pahamin dulu penghitungan effisiensi kerja. kamu tau caranya bikin analisa BEP ini nggak? Begini caranya, bla..bla..bla..nanti saya tanda tangan kalo kamu udah revisi ini ya, belajar lagi ya biar kamu lebih pinter”

Waktu aku tunjukin “Pak…ini harga konveyornya 20 juta, bukan 100 juta.”

“Oh?! Saya pikir 100 juta. Ok deh kalo Cuma 20 juta” kata dia sambil tanda tanganin report aku.

BLAH!! bilang aja nggak mau beli yang mahal-mahal! Pake ribet bilang masalah BEP-lah, effisiensi lah, flow process lah. capee deeh…

Begitulah 4 karakter unik (sekali lagi baca : nyebelin) bos-bos aku. And believe it or not. Ke-4 bos ini nggak ada yang akur. Kebayang dong kalo 4 bos ini berantem kayak apa?? OVJ kalah dah pokonya. :P.

Minggu, 25 September 2011

Dear Boss

“Jadi kamu anak bungsu?? Bisa survive nggak kamu?!”

Itu salah satu pertanyaan si bos waktu interview user. Yang ada di kepala saya waktu denger pertanyaan dia adalah:

Pertama. Dia adalah satu dari berjuta penduduk dunia yang masih nganggep kalo cewek bungsu itu manja, ngerepotin, dsb.

Kedua. Emang saya harus se-struggle apa untuk bisa survive di perusahaan ini? emang seliar apa perusahaan ini sampe dia mempertanyakan kemampuan survive kita?

Begitu mulai kerja dan terjun langsung ke lapangan, baru deh saya bener-bener bisa ngerti makna di balik pertanyaan “survive” ini. kerja di bawah kepemimpinan si bos ini emang luar biasa banget. Bukan cuma musti kuat fisik, tapi juga mental, jiwa dan raga sekaligus! Teguran dari dia udah jadi cemilan sehari-hari. salah ini lah, salah itu lah. kurang ini, kurang itu. Pernah juga dapet pujian. Tapi ya itu juga satu diantara sejuta teguran dari dia. Pressure ini makin parah karna meja saya cuma berjarak 3 jengkal dari meja si bos (walopun bos, dia sengaja duduk di deket kita biar gampang memantau kita kalo lagi kerja).

Si bos bilang kalo ada kerjaan kita yang harus dikoreksi, email aja ke dia. begitu di email, tahun depan kali baru dikoreksi. Kalo kerjaan kita print terus dikasih ke dia langsung buat dikoreksi, dia bilang boros kertas. Pernah suatu hari karna kerjaan lewat email nggak dikoreksi, akhirnya kerjaan itu saya print 3 lembar terus saya ajuin ke dia dan itu juga musti bolak-balik revisi, tapi si bos masih bisa bilang : “kamu ngeprint 3 lembar ini sama aja nebang 3 pohon lho, nggak bisa diringkas lagi?”

“Ya kalo aja kerjaan lewat email dia koreksi atau at least kerjaan yg diprint langsung acc, saya kan nggak perlu nebang-nebang pohon juga kali pak…” batin saya.

Yup. Saya cuma bisa ngebatin doang.termasuk waktu dimarah-marahin di depan yang lain, dan seabrek gemblengan mental dari dia.

But, anyway….lepas dari semua itu..saya bersyukur karna pertama kali kerja langsung dapet bos kayak dia. kekuatan mental, fisik, logika berpikir, penalaran, idealisme, detail kerjaan, manajemen waktu, semua itu ilmu yang saya dapet dari dia. Semua sifat perfeksionis dia bikin siapa pun yang jadi anak buah dia jadi semacam punya prestige tersendiri dibanding departemen yang lain. Dan saya beruntung, karena dia memilih saya yang jelas-jelas masih fresh graduate banget masuk jadi bagian dari tim kerjanya.

Makanya waktu saya belum 4 bulan kerja dan si bos memutuskan untuk resign, ada rasa kehilangan dalam diri saya. Seperti kehilangan tentor. Dia itu semacam cambuk buat saya, menyakitkan tapi cukup ampuh untuk memacu saya bekerja lebih baik lagi. Tapi dibalik rasa kehilangan itu, ada kelegaan luar biasa di hati saya. Bahwa akhirnya saya bisa bekerja tanpa harus ada mata yang mengawasi dari jarak 3 jengkal, bahwa akhirnya saya nggak perlu menebang pohon banyak-banyak buat mendapatkan acc atas kerjaan saya, bahwa akhirnya saya bisa pulang tenggo (teng langsung go) tanpa harus ada rasa nggak enak ati mau pulang cepet gara2 bos belom pulang.

And leader like my boss isn’t the only one in the world, huh? Sempet saya berpikir untuk resign. Tapi dipikir2, saya pesti bakal ketemu lagi bos2 kayak dia. Cuma beda nama doang.

Banyak yang resign bukan karena meninggalkan perusahaan, tapi meninggalkan pemimpin mereka, tapi pada akhirnya dia hanya akan menemukan pemimpin dengan karakter yang sama di perusahaan yang berbeda.

Sabtu, 16 Juli 2011

Seasoy apa tempat kerja kamu??!

Apa sih kriteria tempat kerja yang kamu mau?? 20 % pasti punya jawaban idealis kayak : yang pake AC, yang bisa dapet kesempatan jalan-jalan ke banyak kota, sukur-sukur luar negeri, yang bisa pake baju kerja lucu-lucu, yang kantornya deket sama mall atau café, jadi pulang kerja bisa hang out dulu (bokek, bokek deh lu!). tapi ya yang punya jawaban itu cuma…20%. Sisanya? Kerja mah dimana aja dah..sukur-sukur dapet kerja! Hari gini mau ngarep tempat kerja macem-macem, bla..bla..bla..

Ok. Kebanyakan dari kita emang banyak yang dapet kerjaan yang nggak sesuai sama keinginan kita. Baik itu dari segi gaji, lingkungan kerja, temen kerja, kostum kerja, Nah! Ternyata ada hal-hal lain di luar gaji yang bisa jadi pertimbangan kita milih tempat kerja. Hal-hal yang kayaknya sepele ini bisa jadi faktor penentu betah atau nggaknya kita di tempat kerja sekarang.

1. Gaji

Gaji jelas penting dong..nggak muna lah ya kalo pertimbangan utama kita mau kerja di situ karena “gajinya berapa?” yah kecuali situ punya otak idealis yang ngejadiin gaji jadi faktor kesekian buat nerima kerjaan atau….orang yang emang tajir mampus, yang ngejadiin kerja sebagai life style aja. ada gitu orang kayak gitu? Ada aja….

Ada nih temen. Otak encer, lulusan luar negeri, tajir mampus. Diam-diam dibenak saya muncul pertanyaan. Kok mau ya dia kerja di pabrik yang serupa bengkel gitu?? Dia pernah kerja di luar negeri, so otomatis gaji di sana jomplang banget pastinya sama tempat kerja dia sekarang. Selidik punya selidik…ada satu alesan kenapa dia mau kerja di sana.

Bokapnya punya perusahaan pribadi. Sebelom dia diberi titah untuk meneruskan bisnis bokapnya, dia disuruh turun dulu ke dunia kerja. Sang bokap Cuma pengen lihat seberapa besar pencapaian yang bisa di dapet anak ini. beliau juga pengen lihat seberapa bisa bisa si anak ini kerja terus disiplin kerjanya gimana. Sukses kah? Belom sih kayaknya..buktinya udah hampir 3 tahun kerja di pabrik, titah itu belom turun-turun juga.

Ada juga yang kerja jadi PNS. Ya tau sendiri kan gaji PNS berapa, tapi dia nge-kos di kosan yang mahal banget! Yang kamarnya luas, kamar mandi dalem, pake AC, pake kulkas, TV kabel, Wi-fi, udah samaa cuci setrika, etc, etc, yah pokoknya kosan fasilitas hotel de ya. Alhasil? Tiap bulan masih aja dia disubsidi ortunya. Kayaknya dia kerja Cuma buat life style aja. dari pada nganggur.

2. Lingkungan kerja

Entah kenapa banyak buanget orang Jakarta yang pengen kerja di kawasan sudirman. He-eh, soalnya disana banyak tempat hiburannya. Jadi pulang kerja bisa hang out, cuci mata atau sekedar duduk-duduk di sepen-elepen sambil makan chitato yang belakangan banyak dilakuin orang-orang agar terlihat keren dan up to date.

Gimana dengan kawasan industry?? Cih pesti rata-rata pada ogah deh. Untung saya kerja di kawasan industry yang masih sedikit kurang lebih agak kota dibanding kawasan-kawasan industry lain yang biasanya jauuhh..jauuuh..banget dari peradaban. Tapi satu aja minusnya. Karena banyak kendaraan-kendaraan berat seliweran, otomatis musti waspada to the max kalo mau nyebrang juga karena polusi dimana-mana, kita musti selalu pake masker! walaopun kamu naik kendaraan umum sekalipun.

Pernah suatu kali ke kawasan industry yang nun..nun..jauuhh dari peradaban. Nggak ada kendaraan umum lewat, nggak ada orang jualan. Jangan harap ada mall! Warung aja nggak ada! Wondering how mereka bisa bertahan hidup. Tapi pesti ada alasan kenapa mereka mau bertahan di sana. Alasan seperti…yah mau gimana lagi kan udah nasibnya begini… *pasrah

3. Kostum kerja

Yang anti pake seragam di kantor angkat tangannyaaahh!!! Iya..iya…buat cewek pesti lebih suka pake baju lucu-lucu ke kantor. Apalagi kalo kantornya nggak formal kayak advertising gitu, pesti mau ke kantor udah kayak mau ikutan fashion show deh. Gimana dengan orang-orang yang musti pake seragam seperti..seperti..saya misalnya? -___-“

Awal-awal pake seragam rasanya aneh. Bukan karena pake seragamnya, tapi karna model seragamnya!! Warna biru kayak OB gitu deh, dan bener-bener seperti OB karena emang semua staff sampe OB sampe tukang sapu, bajunya sama! L Cuma manager aja yang dibedain. Tetep pake biru, Cuma lengennya panjang udah gitu pesti bahan kainnya lebih bagus juga. Sekali lagi..nasib. kadang suka miris liatin temen-temen yang kalo shopping nyarinya baju kantor yang lucu-lucu, atau dengerin jawaban temen-temen tentang seragam kantor kayak gini :

Me : “kak, kalo ke kantor pake seragam nggak?”

Her : “nggak dong..pake seragam?? Iih jangan sampe deh!”

Atau percakapan kayak :

Her :“kamu kerja pake seragam????? Huahhahahhha “

Me : -_____-“

*buang seragam ke laut. Bunuh diri.

Anyway….ada untungnya juga kok pake seragam, kita jadi nggak perlu repot-repot tiap harinya mikir “hari ini mau pake baju apa ya?” karena udah pasti bajunya itu-itu aja. kita juga nggak perlu nyiapin budget buat beli baju-baju kantor. Irit kaan?? Iya dong irit… *menghibur diri.

4. Temen kerja

Nah! Faktor ini nih yang menurut aku, penting banget bukan Cuma biar kita beta di kantor, juga biar mood kita bisa bagus kalo kerja (iya kalo temen-temennya emang enak). Temen kerja itu diantaranya adalah bos dan orang-orang yang akan berhubungan dengan kita waktu kita lagi kerja.

Paling enak itu punya bos ganteng, jadi kalo pas dia lagi galak n nyebelin, masih nyisa gantengnya. Liatin aja terus tampangnya, kata-kata yang keluar dari mulutnya mah masuk kuping kiri keluar kuping kanan aja. :p

Paling enak punya temen-temen yang asik. Bayangin kalo temen-temen kerja kamu serius semua orangnya. Bisa stroke mendadak di kantor kali kita. Dan suasana kayak gini pesti ada aja deh di kantor manapun : kalo ada bos, kita stay cool..semua focus ke PC masing-masing. Pas si bos keluar..langsung deh pada ketawa cekikikan nggak jelas. :D. di situ serunya kerja!

Satu lagi yang enak..punya gebetan di kantor! :D. sama kayak yang dibahas di atas. Gebetan bisa jadi penyemangat kerja, bisa juga jadi perusak mood kita di kantor. Serunya cinlok di kantor, biasanya kita nggak pengen ada anak kantor lain yang tau, jadi biasanya mereka yang cinlok suka ngumpet-ngumpet gitu. Keliatannya sih di kantor biasa aja, padahal di luar kantor mereka pacaran. Sukur-sukur sampe kawin nggak ada yang tau. Hihihi..tapi biasanya peraturan perusahaan nggak ngebolehin nikah satu kantor, ini yang bikin dilemma, musti ada salah satu yang keluar dari kantor.

Baiklah…mau kerja dimanapun…pesti ada aja yang bakal buat kita nggak betah, tapi kalo kita keseringan pindah tempat kerja, mungkin bosen bakal hilang, secara ganti suasana baru mulu. Tapi kita dapet ilmu nggak dari situ? Ada satu jawaban temen yang selalu aku inget sampe sekarang. di saat orang lain berniat mau keluar dari kantor. Dia yang udah setaun kerja Cuma bilang gini:

“saya nggak tau seberapa lama saya bakal bertahan di sini. tapi yang saya tahu, saya harus dapet ilmu banyak dari sini, masalah setelah itu mau lompat ke perusahaan lain atau tetap bertahan di sini, itu urusan nanti”

TEPUK TANGAN SODARA_SODARA!!! Jawaban dia inspiring banget buat aku sampe sekarang. mau kerja di posisi apapun, dimana pun, kita harus dapet sesuatu dari situ. Bukan Cuma soal gaji, tapi ilmu! Perusahaan lain yang lebihh bonafit pastinya mau ngebayar kita dengan gaji yang lebih gede, dengan syarat : ilmu yang kita punya juga harus compatible sama keahlian yang mereka butuhkan dong! Jadi kutu lompat boleh aja, asal tiap ngelompat, kita bawa bekal yang cukup ke tempat yang baru!

Senin, 11 April 2011

watch out to your social media!

Apa kekurangan dan kelebihan kamu? berapa besar gaji yang kamu inginkan? Kenapa ingin bekerja di perusahaan kami? pertanyaan-pertanyaan kayak gini mungkin udah biasa ditanyain waktu interview kerja, tapi gimana dengan pertanyaan “Boleh tau akun FB atau twitter kamu??” atau “apa alamat blog kamu?”

Secara logika mungkin kita nggak akan pernah mengira bakalan dikasih pertanyaan gini, mungkin juga reaksi kita bakalan shock, bingung, gagu..atau pura-pura bego dengan ngejawab “apa itu FB? Twitter? Blog? Saya punya-nya friendster pak..” yak, kalo kamu jawab gitu, sekonyong-konyong kamu bakalan langsung digiring ke museum, dikirain manusia peninggalan jaman prasejarah.

Percaya deh, pertanyaan kayak gini sekarang udah lumrah ditanyain waktu interview kerja, aku sendiri udah beberapa kali ngalamin.

Kenapa mereka pengen liat isi FB, twitter atau blog kita? Pertama, kalo mereka adalah perusahaan IT, biasanya mereka cuma pengen tahu seberapa IT-minded kita. Perusahaan IT pasti pengen karyawannya selalu up to date soal perkembangan IT, termasuk salah satunya tentang social media via internet kayak gini. Kedua, mereka pengen tahu gimana kepribadian kita sebenernya. Biasanya kita jadi lebih jujur waktu di dunia maya, update status atau ngomongin apapun yang ada di kepala kita, makanya mereka juga tertarik buat ngeliat kepribadian kita sebenarnya gimana lewat dunia maya.

Pengalaman pertamaku disinggung soal aktivitas dunia maya itu waktu interview di salah satu perusahaan BUMN, waktu itu aku bilang aku suka nulis di blog. Niat hati sih sebenernya biar keliatan produktif aja gitu, siapa tau jadi nilai plus dari aku, eh tanpa diduga tanpa dinyana, si interviewer malah pengen liat blog-ku! dia sampe minta aku nulis alamat blog-ku di selembar kertas kosong terus dikasihin ke dia. Pas diminta gitu, aku sampe berkali-kali ngomong “serius pak??” dan keliatannya dia emang serius. Antara shock dan cemas akhirnya aku kasih juga alamat blog-ku (*bukan blog yg ini tapi :p). kenapa harus cemas? Ya karena isi blog-ku yg satu itu (*eh mungkin juga yg ini, haha) isinya sampah semua, cuma topic suka-suka, absurd dan nggak menunjukkan kepintaranku sesungguhnya (*langsung dirajam masa :D)

Bahkan aku inget banget terakhir update blog itu aku upload gambar yang aneh banget deh pokoknya, gara-gara itu, pulang dari interview, aku langsung buru-buru buka laptop dan hapusin gambar yang nggak penting itu. Nggak ngaruh juga sih, buktinya tetep gagal aja buat lanjut ke tahap selanjutnya :D

Pengalaman lain itu waktu interview di perusahaan IT. Nggak cuma alamat blog yang mereka minta, tapi juga akun FB dan twitter! Duh, yang bikin cemas itu akun twitter-nya, secara (lagi-lagi) banyak status-status nyampah. Tapi kali ini aku pasrah aja, nggak ada usaha buat ngapusin ini itu, pikirku waktu itu ya udahlah biarin aja, emang kepribadiannya begini mau gimana lagi? Eh nggak taunya malah lolos ke tahap selanjutnya! Told u!! harusnya gambar yang dulu itu nggak usah kuapus. Pesti gara-gara kuapus jadinya yang dulu itu nggak lolos T-T. haha..just kidding!

Jadi perlukah untuk jaim di dunia maya? Nggak perlu juga. Ditanyain atau enggak pas interview kerja, toh kita emang harus nge-rem sendiri kata-kata yang kita keluarin lewat dunia maya. Lebih baik jadi diri sendiri dari pada harus jaim biar dapet kerja. Toh ya nanti kalo udah diterima jadi pegawai pun mereka juga bakal tahu aslinya kita gimana.

Senin, 04 April 2011

Jobseeker Bunglon

Bekerja Sesuai passion kita emang udah yang paling asik, tapi berapa persen dari jobseeker yang udah tau dengan pasti passion mereka? Ok, waktu kita baru aja lulus kuliah dan mulai masuk ke dunia mencari kerja. Pasti rata-rata punya pemikiran idealis semua. Pengen kerja di perusahaan BUMN, PNS atau perusahaan-perusahaan swasta yang besar dengan gaji langsung gede untuk ukuran fresh graduate. Tapi sekali lagi, satu banding berapa yang bisa punya kesempatan itu? Akhirnya dari yang semula idealis, pelan-pelan berubah jadi kurang idealis dan mentok-mentok jadi punya pemikiran à “nglamar perusahaan apa aja deh yang penting kerja”

Banyak banget kasus kayak gini, ada temen yang passion-nya bisa kerja di perusahan minyak. Dari mulai Pertamina, Total, Conoco Philips, Sclumberger, BP Migas, pokoknya semua perusahaan minyak yang emang menawarkan gaji yang menggiurkan itu. Terakhir aku ketemu dia waktu tes sebuah bank dan waktu aku komentar “tumben kamu ngelamar di bank??” dan jawabannya adalah “abis udah mentok, nggak dapet-dapet kerja”

Nah! Ya begitulah nyari kerja, awalnya pengen idealis, pasang standar yang tinggi, lama-lama jadi “apa aja deh”, hehe sama kayak nyari jodoh..*ups*

Buat jobseeker yang masih bingung sama passion-nya, atau sebenernya udah tau passion-nya cuma belum ada kesempatan untuk kerja sesuai sama passion kita kayak yang tadi aku certain, ada baiknya bahkan amat sangat dianjurkan untuk jadi jobseeker bunglon. Apa itu jobseeker bunglon? Yah namanya aja bunglon, nemplok kemana-mana harus bisa beradaptasi sama lowongan yang kita lamar. Pas ngelamar di industry manufaktur, kita harus tunjukin kalo emang kita minat banget sama bidang itu, juga waktu kita ngelamar di bank atau perusahaan jasa lain, kita harus ngeliatin ke mereka kalo memang kita sangat berminat. Karena ini pasti yang bakal ditanyain waktu interview HRD nanti. Dan kalo kita nggak pasang muka bersungguh-sungguh, mereka bakal tau kalo kita emang kurang berminat.

Aku ada pengalaman tes di perusahaan jasa penawaran kredit. Jujur…ini bukan perusahaan yang aku mau. Pas company briefing juga aku merasa kurang sreg sama penjelasan mereka tentang gaji dan ketentuan nanti sewaktu masa training/ ODP. Tapi balik algi, aku berpikir, mungkin ini bukan sesuatu yang aku suka, tapi aku toh belum pernah nyoba untuk terjun ke bidang ini secara real-nya dan kita nggak pernah tahu apa yang terbaik buat kita. Jadi aku pikir, anggap aja ini tantangan dan coba aja dijalanin. Pas FGD (Focus Group Discussion) si HRD nanya kenapa kamu mau bekerja di perusahaan ini? pertanyaan ini juga diulang wkatu wawancara HRD. Dan apa jawaban aku waktu itu? yang jelas kata-kata yang emang nunjukin aku berminat banget masuk ke perusahaan ini, tapi pas ngeluarin kata-kata itu, berasa ada yang aneh di tenggorokan, kayak lagi berusaha nelen biji kedondong àseret, sakit, pait! Seakan-akan segenap organ pernafasan nggak rela aku ngeluarin serangkaian kata-kata tadi. Iya sih, karna emang nggak sesuai sama hati. -____-“

Pernah juga waktu wawancara HRD perusahaan manufaktur, sebenernya minat aku ada di HRD, tapi waktu itu lowongan yang ada adalah audit internal. Dengan polosnya pas ngisi form lamaran, aku pilih posisi yang paling diinginkan 1.HRD, 2. Quality Control, 3. Audit. Nah! Sang interviewer yang orang HRD langsung mengernyitkan dahinya, “emang kamu tau apa tugasnya HRD?” sebenernya kurang lebih aku tahu, karena jurusanku kan teknik industry, dan dapet jugalah mata kuliah manajemen sumber daya manusia.

Waktu itu aku cuma ngejawab setau aku aja, alhasil, gagal deh lanjut ke tahap berikutnya (ya iyalah, lowongannya bukan itu kok). But I’m not the only one…ada juga temen dari teknik kimia ngelamar untuk posisi manufacturing supervisor, tapi di form lamaran dia tulis posisi yang diinginkan pertama adalah accounting! Yah! Accounting sodara-sodara! Kan amat sangat nggak nyambung. Si mbak HRD cuma bisa tercengang nggak percaya ngeliat form lamaran temenku ini.

Emang harusnya kita ngikutin angin aja sih, lowongannya apa ya disitulah harusnya kita taro passion kita. Tapi jelas banget itu nggak gampang. Kalo mau ngejar real passion kita sih boleh-boleh aja, tapi juga harus siapin mental buat jadi jobseeker bunglon! J

Kamis, 10 Maret 2011

Interview Sesat

Pertama kali baca artikel tentang ini tuh berasa kayak dibukain mata lebar-lebar. Sering kita para jobseeker dengan polosnya ngelamar di suatu perusahaan, girang banget waktu dipanggil buat tes interview. tapi ternyata ada hal-hal yang perlu kita tau nih sebelum kita interview, karena ada aja “interview sesat” yaitu interview yang sengaja diadain sama perusahaan-perusahaan tertentu bukan karena emang mau merekrut karyawan, tapi ada alasan lain yang bisa merugikan kita, atau orang-orang di sekitar kita. Nah biar kalian juga pada melek matanya lebar-lebar, aku share aja ya dari artikel yang aku dapet.

1. Sering waktu kita ngelamar kerja, kita di minta isi formulir yang ada nama ayah kandung dan ibu kandung dan saudara saudari kita atau nama suami/istri dan nama anak (kalo udah nikah). HRD selalu mengatakan ini wajib. Malah kadang kalo kita nggak ngisi, mereka suruh kita komplitin formulirnya dulu baru bisa dikumpulin ke HRD, jadi mau nggak mau kita nurut- nurut aja, padahal kita diterima aja belom dan ini sama sekali nggak ada hubungannya sama kemampuan kerja kita nantinya.

Biasanya dari data ini mereka pengen tahu, apakah keluarga kita terlibat hal jelek atau kira-kira si pelamar ini punya tanggungan biaya nggak. Kalo dia anak tunggal, bapaknya kerja di perusahaan besar, perusahaan bisa buat itu jadi pertimbangan gaji. Dengan kata lain, si pelamar ini nggak akan masalah kalo dibayar murah.

Waktu ngelamar kerja, kita juga harus menyertakan foto kopi KTP yang masih berlaku kan? sangat mudah bagi oknum oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan hutang atas data lengkap kita. makanya banyak kasus orang tidak tahu apa apa tiba tiba ditagih hutang. Makanya hati hati ngelamar pekerjaan, harus tetep waspada.

kasus kayak gini sebenernya udah lama ada tapi karena di tutupi dengan arogan oleh oknum yang berpendidikan dan berkuasa, jadi di biarkan terjadi. harusnya dalam hal kerja kemampuan kita yang di periksa bukan keluarga, kecuali kita mau jadi tentara atau pegawai negri karena birokrasi.

2. Biasanya kita disuruh ngisi kolom nomor yang bisa dihubungi sebagai referensi buat kita. Awalnya aku bingung, Kalo yang udah kerja, biasanya pada ngasih nomor bos / atasannya, terus gimana yang masih fresh graduate? Ternyata rata-rata pada ngisi nomor dosen pembimbing skripsi atau Kerja praktek. Tapi eh tapi, nomor ini kadang disalahgunakan sama oknum perusahaan. Jadi nama yang kita cantumkan buat referensi ini malah dijadiin objek marketing. Jadi si orang-orang ini malah ditelponin terus menerus sama pihak perusahaan buat ditawarin semacam kredit atau apalah buat promosi produk perusahaan. Begitu tau hal ini, aku jadi mikir dua kali buat ngasih nomor hape dosen pembimbingku ke perusahaan.

3. Maukah mengambil fasilitas kredit perusahaan? Biasanya ada aja tawaran kayak gini, jadi perusahaan nggak mau rugi juga. Kalo kita adalah orang yang nggak suka pindah pindah kerja ya silahkan. Tapi ada kisah nyata nih, ada seseorang yang masuk kerja dan langsung di tawarin ambil cicilan mobil. Diambil masa 3 tahun. Ternyata dalam tengah perjalanan ada tawaran yang beberapa kali lipat dari perusahaan lama. Waktu mau keluar masalah muncul dengan cicilan mobilnya. ada 2 opsi, bayar tunai sesuai harga yang di tentukan perusahaan atau mobil ditarik lagi, dan dia bakal sia-sia mencicil selama 1 tahun. Akhirnya dia terpaksa ksana kemari cari pinjeman buat ngelunasin.

4. jika anda di terima, apa yang akan anda lakukan? HRD lalu minta anda buatkan proposal kerja. Kita disuruh merancang program-program kerja yang belom pernah dilakukan perusahaan sebelumnya. Awalnya mungkin kita pikir tugas ini buat ngeliat apakah kita adalah orang yang kreatif, punya ide-ide cemerlang, jadi bisa berguna kalo kita kerja di perusahaan. Tapi kenyataannya nggak gitu. Banyak oknum perusahaan yang cuma mau nyolong ide kita aja, tapi kita nggak diterima kerja di perusahaan itu. Perusahaan untung dapet ide gratis, kita yang apes.

Ada lagi yang kita musti bayar buat tes psikotes atau medical check up. Intinya, rekruitmen perusahaan yang bener nggak akan nyuruh kita mengeluarkan duit sepeser pun, kecuali ongkos akomodasi emang biasanya ditanggung sendiri. Bahkan ada beberapa perusahaan bagus yang mau ganti uang akomodasi kita, itu juga kalo kita udah nyampe tahap-tahap akhir tes kerja. Jadi jobseekers!! Waspadalah….waspadalah!!

"Menjual Diri" waktu interview

Ada percakapan lucu nih antara jobseeker dan interviewer :

Interviewer : “OK, Mas... Sedikit banyak saya sudah mengetahui profil Anda dari interview kita tadi. Satu pertanyaan terakhir dari saya, kalau Perusahaan kami tertarik merekrut Anda di posisi sebagai Brand Executive; posisi itu di level Staff, berapa gaji yang Anda harapkan dan benefit apa saja yang Anda inginkan?”

Jobseeker : “Baik, Pak... terima kasih atas pertanyaannya. Karena saya lulus cumlaude dari kampus terbaik di negeri ini, maka saya mengharapkan gaji Rp 10 juta/bulan, asuransi kesehatan dengan plafon rawat jalan Rp 7 juta/tahun, plafon kamar rawat inap Rp 1 juta/malam, mobil COP (Car Ownership Program) minimal Kijang Innova atau setara dengan itu, dan Bonus setahun minimal 2x gaji.

Interviewer : “OK, bagaimana kalau saya tawari Anda gaji Rp 17 juta sebulan, asuransi rawat jalan dengan plafon unlimited, plafon kamar rawat inap Rp 3 juta/malam, mobil BMW keluaran terbaru seri 325i, tunjangan transport Rp 2,5 juta/bulan, tunjangan makan 2 juta/bulan, hak cuti 24 hari kerja dalam setahun, bonus setahunnya minimal 5x gaji Anda, liburan ke Eropa/Jepang sekali dalam setahun, dan langsung berstatus Karyawan Tetap tanpa masa percobaan?”

Jobseeker : (dengan wajah sumringah) “Benar, Pak??! Ah, Bapak jangan becanda....”

Interviewer : “Lho.... kan Anda duluan yang mulai...

Haha…joke di atas seakan nyindir para jobseeker yang kemahalan “jual diri”nya. Tapi interview itu emang beneran susah-susah gampang. Apalagi interview psikologi/ HRD. Aku pernah juga ngalamin interview di perusahaan swasta, ditanyain masalah gaji. Waktu aku nyebutin jumlah rupiahnya, dia malah nanya. “emang kebutuhanmu apa aja?” terus dengan menyebalkannya dia merinci dengan detail kira-kira apa aja kebutuhanku kayak makan, kos, ngirimin ortu atau apa lah yang kalo dia total-total sendiri tu nggak nyampe sejumlah gaji yang aku sebutin tadi. Lah emangnya hidup cuma buat itu, kita kan juga butuh nabung.

Biasanya sebelum interview psikologi / HRD kita disuruh ngisi semacam formulir lamaran kerja yang berisi pertanyaan-pertanyaan bejibun soal kepribadian. sebenernya walopun males banget ngisi-ngisi formulir kayak gini, tapi ada baiknya kita ngisi formulir ini sepenuh hati, karena sering pertanyaan-pertanyaan di formulir ini nanti yang bakal ditanyain sama interviewernya. Jadi sebelum kita interview, kita sebisa mungkin udah nyiapin jawaban sebelumnya.

Selama pengalaman interview, ada beberapa pertanyaan yang pasti selalu ditanyain dan males banget aku jawab kayak misalnya :

“jadi dari awal kamu lulus sampai sekarang, apa kegiatan kamu??” ah iya masa musti aku jawab nyapu, nyuci, jaga rumah?? Terus pertanyaan lain kayak :

“menurut kamu, apa kelebihan dan kekurangan kamu?” nah ini pertanyaan abadi sepanjang sejarah interview di dunia. Pasti ada aja.

Aku pernah baca nih dari salah satu thread kaskus dan kayaknya penting banget aku share ke kalian sesame jobseeker J. Dia itu kerja di HRD, jadi dia ngerti banget seputar interview. ok, aku ringkas aja ya point-point tips interview yang dia kasih.

1. Sikap kita waktu menghadapi interview. kalo kita terlalu patuh, kita dianggap nggak punya keberanian menggambil sikap. Kalo kita tampil apa adanya, kita dianggap tidak sopan. Kalo kita berdiri dan menunggu sampai di persilahkan duduk. Maka HRD akan menulis di kertas komennya “kita orang yang tidak punyai inisiatif, anda lambat dalam ambil keputusan”. Maka anda tidak akan lolos dan di coret. Kalo kita ambil inisiatif duduk, maka HRD akan menulis di kertas komennya “kita tidak sopan. kita tidak menghargai tuan rumah notabene adalah HRD. kita lancang.” akhirnya kita nggak lolos.

Jadi kita harus gimana?? jawabannya adalah 'JADILAH DIRIMU SENDIRI" lupakan semua teori teori dri para ilmuwan hebat. kita diterima karena memang kita akan di terima. Ada sejuta alasan mengapa kita nggak diterima. Dan ada semilyard alasan kita akan diterima. jangan merasa rendah diri. HRD yang baik tidak akan berlebihan sikapnya. Malah akan sangat menghargai kita sebagai kandidat bahkan kalo kita adalah seorang pemula yang belum bekerja. Bekerja lah pada orang yang bisa menghargai diri kita. Yakin pada kemampuan diri sendiri.

2. Gimana cara ngejawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri kita?

Emang kayaknya lebih gampang mengungkapkan kelebihan kita, secara kan kita lagi “jual diri” kita ke perusahaan, tapi kita bener-bener harus muter otak waktu nyebutin kekurangan. Kita harus liat dulu posisi apa yang kita lamar. Sering, kelemahan yang kita sebutin jadi boomerang sendiri buat kita. Eit, bukan cuma kekurangan yang jadi boomerang. Kelebihan juga! Kadang kita terlalu heboh jualan diri, atau pas interview kita buat diri kita terlihat pintar di depan interviewer, seakan-akan kita tau banyak hal. Maksud hati sih emang biar perusahaan jadi terkesan gitu, tapi ternyata ada banyak perusahaan yang menolak orang-orang yang terlihat pintar ini dengan alasan takut kalo dia nanti bakal membahayakan posisi orang lama. Nah!

Jadi gimana kira-kira jawaban yang bener? Saran dari orang ini, untuk kelebihan kita bilang aja “saya sudah bisa mencapai semua yang sudah saya tulis di CV” untuk kekurangan bisa kita jawab “semua kekurangan sudah saya perbaiki, mungkin ibu/bapak tahu kekurangan apa yang lain dari diri saya?mohon saya diberi tahu.”

3. Mau di gaji berapa?? Nah pertanyaan ini biasanya muncul di interview akhir, tapi nggak jarang juga muncul di interview psikologi/HRD atau bahkan buat perusahaan yang tes tahap pertamanya interview. kalo kita minta gaji terlalu kecil maka ini bisa jadi alasan buat HRD membantai kita, bahwa kita tidak qualified sama sekali. Karena orang Qualified tidak mungkin mau di bayar murah . Jika kitaa minta gaji terlalu besar dari budget perusahaan maka kita bakal langsung nggak lolosà atau yang kayak pengalaman aku tadi, interviewer-nya malah sok pengen tahu biaya hidupku dengan merinci kebutuhanku apa aja. Seharusnya kalo interview psikologi/HRD kita nggak perlu ngisi kolom gaji, karena yang menentukan kan nanti waktu direksi atau user. Mending sebelum interview kita cari tau dulu kisaran gaji di perusahaan itu, atau perusahaan lain yang sejenis. Kalo di BUMN atau PNS, gaji emang udah fixed. Tapi kalo di perusahaan swasta, kita bisa aja dapet gaji kecil di bawah standar mereka karna pas interview kita sendiri yang minta gaji sejumlah itu.

4. Gimana kalo kita udah ada di tahap interview akhir? Sebenarnya dalam dunia kerja, tahap terakhir interview atau tahap interview user atau direksi, udah nggak ada pertanyaan lagi. Tergantung perasaan suka atau nggak suka aja. Jangan protes, emang inilah yang berlaku dalam dunia kerja kita. Bayangkan saja ada 10 kandidat atau lebih yang lolos test semua dengan kemampuan yang sama tapi akan di pilih 2 orang aja. Teori mana yang dipakai?
Jika kandidat yang nggak disukain masuk, maka akan keluarlah pertanyaan pertanyaan yangnggak ada hubungannya sama kerjaan. kayak misalnya Siapakah pahlawan dalam uang pecahan 10ribu tahun 1980?” ini salah satu contoh agar kandidat down. Dan selamanya akan merasa bodoh. Padahal interview bukan berarti ikut kuis cerdas cermat. Ada juga pertanyaan yang nggak sopan, mengapa kamu mau kerja disini? kenapa tidak melamar di tempat lain? Intinya adalah jika sudah tahap akhir, perbanyak doa aja. nggak usah pusing dengan segala teori text book. Tersenyumlah apapun yang terjadi.

Rabu, 23 Februari 2011

Kenapa Artis Sinetron Cepet Kaya??

Entah kenapa, aku semacam tergelitik untuk menulis tentang hal ini. mungkin kalian akan berfikir, apa hubungannya sinetron sama pekerjaan? Ya pasti ada. Pemain sinetron adalah salah satu jenis pekerjaan, begitu juga sutradara, penulis scenario, sampai kru yang kerjaannnya cuma gulung-gulung kabel kamera pun juga suatu pekerjaan. Sebenarnya, awal pemikiran dari tulisan ini adalah ketika suatu hari aku nonton infotaiment dan bener-bener tercengang dengan berita tentang artis kecil yang bahkan aku nggak tau kalo dia itu adalah seorang artis, tapi dia udah bisa beli rumah gede banget tingkat empat di bilangan jakarta hanya dari penghasilan dia main sinetron kurang dari satu tahun!!! JEGER..JEGER!!!!

Ini luar biasa. bahkan seorang pekerja dari perusahaan besar pun mungkin harus menabung bertahun-tahun untuk membeli rumah sebesar itu. Jadi inget kisah tentang seorang manohara. Seorang cewek blasteran bule yang nggak fasih ngomong bahasa Indonesia dan acting-nya jelek banget, dalam waktu cuma beberapa bulan aja dia udah bisa beli mobil mewah dan rumah di atas mall. Yup!! Rumah manohara itu di atas mall sodara-sodara!! dan rumahnya itu gede gila!

Jadi sebenernya berapa sih bayaran seorang artis?? Pernah baca artikel jaman dulu, waktu aku masih SD, ya mungkin tahun 90-an gitu, ada seorang diva, sebut saja krisdayanti (LOH?!), lagunya lagi laku banget dan laris manis di pasaran, dia lalu nyoba buat main sinetron juga. Waktu itu sinetron ramadhan (masih inget kan?). mau tahu berapa dia dibayar per episode-nya? 30-an juta. Padahal sinetron itu tayang tiap hari, mungkin total episode-nya adalah 40 episode. Ok, mari berhitung. 30 juta x 40 episode itu berarti Rp.1.200.000.000 !!! *pingsan* 1,2 miliyar di tahun 90-an akhir itu kira-kira bisa beli apaan aja ya??

Tapi itu belom seberapa sodara-sodara!! Balik lagi ke manohara. Nggak heran dia bisa beli ini itu seenak udel, karena bayarannya dia di sinetron “manohara” per episode-nya itu lebih besar dari pada bayaran-nya si diva waktu main sinetron. Kalo mau ngira-ngira, mungkin sekitar 50 jutaan kali ya? Dan sinetron “manohara” itu tayang kurang lebih 60 episode. Ok, kalian silahkan berhitung sendiri berapa total penghasilannya dia main sinetron perdananya itu. Nggak heran, kelar main sinetron dia bisa mandi duit, padahal acting-nya aja bener-bener di bawah pas-pasan.

Pemain-pemain sinetron ini mungkin bisa berkilah dengan bilang, mereka kan capek syuting tiap hari, harus ngapalin skenaario, dll. Tapi sebenernya ada yang jauh lebih capek dari pada mereka, tapi bayarannya bener-bener nggak setimpal sama apa yang udah mereka kerjain. Yup! The crew!!

Kru yang kerja di belakang layar itu udah pasti jauh lebih capek karena mereka harus udah prepare sebelum si artis dateng, dan pulang belakangan. Gara-gara barusan ngebacain timeline di twitter milik seorang penulis scenario sinetron yang cerita tentang suka duka pekerjaannya itu, aku jadi pengen ngebahas tentang ini juga.

Dia adalah alex, penulis scenario sinetron “manohara”. Oiya, penulis scenario sinetron itu nggak cuma 1 orang ya, tapi 1 tim, bisa jadi 4 orang atau lebih. Dia cerita kalo sinetron manohara ini bener-bener proyek berat buat mereka. Penulis scenario dipaksa untuk membuat cerita yang bagus dengan berkejaran dengan waktu dan suatu waktu cerita bisa dirombak total demi mendongkrak rating sinetron. Revisi berkali-kali mungkin udah jadi makanan sehari-hari. mereka sampai nggak tidur, nggak mandi, nggak makan, pokoknya bener-bener kerja keras buat ngerampungin scenario. Nggak heran kalo sinetron Indonesia ceritanya aneh bin ajaib. Lah, menulis cerita itu butuh kreatifitas. Nggak bisa sambil kejar-kejaran sama waktu kayak gitu, udah gitu alur ceritanya harus mengikuti rating penonton. Jujur, denger curhatan si penulis scenario ini, aku jadi salut sama pekerjaan mereka. Mungkin kita sebagai penonton bisa dengan santai ganti chanel tv kalo nggak suka sama ceritanya dan bisa caci maki seenaknya , tapi buat mereka yang mati-matian bikin scenario sinetron, mau nggak mau harus tetep kerja rodi, berusaha setengah mati biar rating penonton naik. Tapi apakah bayaran mereka setimpal? Jelas nggak! Kalo dibanding sama penghasilan si artis sih, penghasilan penulis scenario mungkin kayak recehan doang.

Tapi emang begitulah hidup. Ada yang gampang banget dapet duit sampai bingung mau dibuang kemana tu duit, ada yang mati-matian kerja dengan hasil yang nggak seberapa. Satu-satunya cara emang bersyukur. Tapi bersyukur aja mungkin nggak cukup, untuk kasus dunia sinetron tadi, mungkin harus bener-bener ada yang dibenahi, kalo nggak mau dunia hiburan kita jadi makin terpuruk karena manajemen yang buruk kayak gitu. Semoga suatu hari nanti akan ada masa dimana kerja keras berbanding lurus dengan penghasilan yang didapatkan. Amin.