Voila!! Uhuk, berhubung ini (katanya) masih bulan kasih sayang, aku pengen ngebahas satu fenomena penting. Penting?? Ya setidaknya penting untuk mereka yang ngejalanin. Jadi begini, nyari kerja itu emang bisa bikin stress, dari mulai nyari kerjanya, terus tes-tesnya, tapi kegiatan-kegiatan ini bisa jadi menyenangkan kalau saja dilakukan bersama….pacar. nah itu juga kalau kamu punya pacar dan pacar kamu memungkinkan buat diajak nayri kerja bareng!
Contohnya nih kayak waktu aku dateng ke suatu jobfair (sendirian..-___-“), aku ngerasain banget betapa ribetnya kalo kita masuk ke jobfair sendirian. Apalagi kalo itu jobfair yang dibuat gede-gedean sama suatu universitas terkenal ditambah perusahaan-perusahaan yang ikut adalah perusahaan-perusahaan besar semacam BUMN dan perusahaan-perusahaan minyak asing dan apalagi masuk ke jobfair-nya GRATIS!! Terbayang dong betapa rame nan berjubel-nya jobfair itu!! Namun ironisnya, di saat yang sama kamu harus tampil rapih dan menawan sekaligus tak lupa membawa tas berisi pernak-pernik serta setumpuk CV dan berlembar-lembar brosur perusahaan di tanganmu! Ini jelas tidak mudah kawan-kawan! Eh tapi coba bayangkan kalo kamu membawa serta pacar! Aha! Dia pasti akan serela-relanya membawakan pernak-pernik kita sehingga kita bisa leluasa berlenggak-lenggok dari satu stand ke stand perusahaan lain tanpa ribet! Nah, pemandangan seperti ini jelas-jelas nyata berseliweran di dalam jobfair dan jelas-jelas membuat aku yang datang sendirian selalu menatap mereka dengan penuh dengki dan iri. Ups.. hahaha…I’m just kidding!!!ok, not funny.
Jadi siapa pihak yang diuntungkan dari fenomena ini? sudah pasti cewek dong. Makanya hati-hati buat para cowok yang diajak nemenin ke jobfair sama ceweknya, pasti nanti bakal disuruh bawain ini itu, iya kalo si cowok emang nggak mau ikutan cari kerja, lah gimana kalo ternyata cowoknya juga mau cari kerja di jobfair itu? Ini lebih menarik lagi.
Jadi dua orang cowok cewek sama-sama bawa setumpuk CV di tangannya, terus mereka bersama-sama hinggap dari satu stand ke stand yang lain, nggak jarang mereka melakukan kerja sama kayak misalnya, yang cewek ngantri di stand A terus si cowok ngantri di stand B, biar nanti kalo si cewek udah kelar dia bisa langsung ke stand B tanpa perlu ngantri panjang (karna udah diantriin sama si cowok) atau si cewek ambil formulir di stand C dan si cowok ambil formulir di stand D buat mereka berdua. Benar-benar menghemat waktu! Belom lagi nanti kalo salah satu dari mereka keliatan capek. Sumpah ini bener-bener aku saksikan dengan mata kepala sendiri, jadi ada sepasang cowok cewek gitu, mungkin muka si cowok keliatan capek atau gimana gitu terus si cewek di tengah kerumunan orang-orang di jobfair masih sempet-sempetnya nempelin tangan ke dahi si cowok dan bilang “hh..untung kamu nggak pingsan..” ooooowwww…..dan penonton pun ber sorak.. “cooo cwiiitttt……!!!” hahaha… XD
Dan fenomena ini jelas nggak cuma ada di jobfair aja, tapi juga ada di tes-tes kerja. Banyak kan mereka yang pacaran, terus ngelamar di perusahaan yang sama dan akhrnya dipanggil buat tes di perusahaan yang sama dengan jadwal dan tempat tes yang sama. nah sepasang pencari kerja ini udah pasti bakal berangkat bareng, masuk lokasi tes bareng, nungguin tes mulai bareng, duduk sebelahan pas tes, nungguin pengumuman bareng dan Sukur-sukur lolos bareng!
Tapi para pasangan ini biasanya emang suka asik sendiri, pernah nih aku lihat ada sepasang gitu yang ikut tes, kebetulan emang temen sendiri. Lucu aja lihat mereka berdua, sambil nunggu tes dimulai, mereka duduk berdua di pojokan sambil meraut pensil. Hoho…abis meraut pensil mereka masing-masing bawa komik dan asik sendiri ngebacain komik, walaupun proses absen peserta tes udah dimulai. Begitu tes selesai dan waktunya nunggu pengumuman, mereka balik lagi ke posisi semula, duduk di pojokan sambil asik bacain komik, sedangkan yang lain gelisah menunggu pengumuman hasil tes. Begitu pengumuman dipajang, orang-orang langsung pada heboh ngerubungin pengumuman itu, eh tapi mereka nggak bergerak sama sekali lho! Masih asik aja gitu bacain komik! Hehehe…
BTW, gimana kalo kasusnya ternyata pasangan-pasangan ini memperebutkan posisi yang sama? dan yang diambil cuma 1 orang? Bisa jadi saingan kan?? Bahkan kalo mereka lolos bareng pun bisa jadi masalah juga, karena banyak perusahaan yang nggak memperbolehkan suami istri kerja dalam satu perusahaan yang sama, walaupun si suami di divisi atau daerah penempatan yang beda sama si istri, jadi mau nggak mau harus ada salah satu pihak yang mengalah.
Tapi……bagaimana pun proses mencari kerja sekalian pacaran ini paling tidak bisa membuat proses nyari kerja jadi lebih fun (atau malah nggak?!).
Ok, nggak usah pacar deh, nyari kerja bareng temen-temen juga bisa jadi sangat menyenangkan lho! Sering malah jadi ajang reuni, karena setelah lulus pasti temen-temen kuliah udah pada berpencar entah kemana, nah ajang kayak jobfair dan tes-tes kerja inilah yang biasanya mempertemukan kita lagi.
Sooo…….dengan siapa pun partner kamu mencari kerja, just make it fun!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar