Nggak sedikit juga temen-temen se-almamater yang udah masuk PLN lewat jalur direct shopping. Waktu itu emang ada direct shopping di kampusku, tapi karna buta informasi, selain itu dah keburu hijrah ke kampung halaman begitu kelar kuliah, akhirnya recruitment itu terlewatkan. Aku baru ikutan recruitment PLN waktu mereka ngadain di Jogja, tapi lewat jalur biasa yang harus mengikuti 5 tahapan tes.
Yang paling menyusahkan dari proses recruitment PLN ini adalah, kita harus menyerahkan berkas lamarannya langsung ke jogja, nggak bisa lewat pos. waktu itu kebetulan ada temen yang mau ikutan recruitment ini juga. Ini kedua kalinya dia ikutan recruitment PLN, katanya yang kemaren dia gagal di tahap 2, jadi sekarang pengen nyoba lagi. Dan orang seperti dia ternyata banyak banget, banyak yang udah nyampe tes kesehatan (tahap 4) trus gagal, akhirnya mencoba lagi dan lagi, ada yang udah ketiga bahkan keempat kalinya tes PLN!! Waww..seberapa menggiurkannya kah perusahaan ini sampai orang nggak bosen-bosen buat ikutan tes, yah namanya juga BUMN, selalu jadi incaran setiap jobseeker, bahkan yang udah bekerja sekalipun. Nah tentang kirim berkas lamaran ini, aku sempet nanya sama temenku itu, apa iya harus kita sendiri yang kirim berkasnya, masa iya nggak boleh nitip, dan dia pun dengan mantap bilang
“harus kita sendiri yang nyerahin berkasnya, nggak boleh diwakilin, harus pake pakaian rapih juga, pake sepatu..”
Akhirnya aku pun nurut aja, setelah mengumpulkan semangat, aku sama temenku itu berangkat pagi-pagi ke jogja buat nyerahin berkas lamaran, 4 jam perjalanan nggak berasa, ehm..ok, I lied!..4 jam perjalanan berasa banget lamanya!! Belom lagi kita harus jalan kaki dari bunderan ugm nyampe fakultas teknik, rute yang cukup bikin kaki gempor! Panas pula… cobaan jobseeker, batinku. Huft. Setelah beberapa menit perjalanan, akhirnya kita nyampe juga di fakultas teknik, di sana udah banyak banget orang-orang, dengan misi yang sama sepertiku, menyerahkan berkas lamaran PLN. Ternyata banyak temen-temen se-almamater yang ikutan recruitment ini. Untuk menuntaskan misi, aku langsung nyerahin berkas ke mbak-mbak yang udah standby disana. Simple banget sebenernya, kita cuma nyerahin berkas, truz sama dia dicek kelengkapannya trus kita tanda tangan. Selesai. Tapi yang membuat aku shock seketika waktu itu adalah, ada seseorang tiba-tiba nyeletuk.
“mbak, kalo ada temen nitip nyerahin berkasnya bisa nggak?”
“Oh bisa…..”
HAH???!!! Jadi berkasnya bisa dititipin???? Aku langsung melirik tajam si temanku yang kasih info sesat itu, kebetulan dia lagi jalan ke arahku..seketika ada pergulatan batin TAMPOL..NGGAK..TAMPOL..NGGAK..TAMPOL…NGGAK…GGRRRRRR….
“Eh menyesatkan..!kata kamu harus nyerahin berkas sendiri??tu tadi mbaknya bilang bisa kok nitip gitu..”
“oh ya? Aku nggak tau…abiz kalo dulu pas aku ikutan, suruh nyerahin sendiri berkas lamarannya..”
Ah ya sudahlah....toh udah terlanjur juga..abis nyerahin berkas kita langsung bergegas pulang lagi, menempuh 4 jam perjalanan lagi, dan langsung tidur begitu nyampe rumah. What a heavy day…..
Jadwal PLN udah keluar, saatnya mengikuti tes tahap pertama : GAT (General Aptitude Test) atau tes kemampuan umum. Tes PLN lewat jalur biasa ini ada 5 tahapan tes dengan system gugur, tahap pertama GAT, tahap kedua Tes akademik (tergantung posisi yang kita ambil) dan bahasa inggris, tahap ketiga psikotes (tes pauli, gambar, kepribadian) dan focus group, tahap keempat tes kesehatan, tahap kelima wawancara. Setelah lolos semua tahapan pun kmu baru akan menjadi OJT (on job training) untuk kemudian masih diuji lagi apakah bisa diangkat jadi pegawai tetap atau tidak. A long..long way to go,eh?
Ada cerita lucu dari peserta tes lain yang udah pernah ikutan tes PLN sebelumnya dan gagal di tes kesehatan. Dia cerita, pas tes PLN yang waktu dia gagal itu, pas ngerjain tes pauli, tiba-tiba jleb!!mati lampu. Orang-orang pada panik, bisa-bisanya di saat ngerjain tes pauli yang butuh konsentrasi tinggi dan berlomba dengan waktu, eh kok mati lampu??! Apa jangan-jangan ini bagian dari tes PLN juga? Kita tau sendiri sekarang PLN banyak dihujat karna seringnya “pemadaman listrik”, makanya peserta tes diuji, kalo mereka pada maki-maki PLN pas mati lampu, berarti mereka langsung didiskualifikasi!! Haha..just my imagination. Pastinya mati lampu waktu itu kesalahan teknis yang nggak disengaja, tapi untungnya..waktu tes PLN yang ini, semua lancar dan nggak ada mati lampu.
Tahapan demi tahapan tes pun terlewati, sampai aku menulis blog ini, aku sudah melewati tes tahap 4, tes kesehatan. Ini pertama kalinya aku ikut tes kesehatan, jadi bisa dibilang ini rekor baru buatku, setelah sebelumnya selalu gagal di tiap tahapan tes, dan nggak pernah nyampe ke tes kesehatan.
Tes kesehatan PLN terkenal ketat banget, sama kayak Pertamina. Sebenernya ini wajar aja, karna kan kalo kita udah jadi pegawai mereka, biaya kesehatan seluruhnya mereka yang nanggung. Karena ketat itulah makanya banyak yang mati-matian diet buat lolos tes kesehatan ini atau dalam istilah mereka, “tirakat dari makanan enak”. Memang PLN sengaja keluarin pengumuman lolos tes tahap 3 untuk megikuti tes tahap 4 atau tes kesehatan ini, beberapa minggu sebelum hari-H, jadi bagi yang lolos, bisa mempersiapkan diri untuk ikut tes kesehatan.
Mereka yang niat banget ikut tes kesehatan biasanya nggak makan daging-dagingan, gorengan, makanan bersantan, makanan berpengawet, makanan ber-MSG, minuman manis-manis, jadi apa dong yang mereka makan?? Cuma daun-daunan, nasi juga mereka ganti dengan oatmeal atau beras merah, minum air putih, plus jogging tiap pagi selama kurang lebih 2 minggu. Ckckck, dan apakah aku melakukan hal yang serupa?? Oh tentu tidak, secara waktu itu moment-nya pas lebaran dan pasca lebaran, alhasil saya makan aja seperti biasa, tetap menelan makanan bersantan dan gorengan, tapi untuk gorengan emang agak dikurangi, agak lho ya..bukan nggak makan sama sekali. Kalau makanan ber-MSG, bisa diatur lah, kan selama di rumah, makan masakan mama, jadi bisa nggak pake MSG juga. Ada kebiasaan yang memang aku lakukan udah sejak lama, sekitar 2 tahunan yaitu aku selalu minum air putih dan nggak makan mi instan, bisa dihitung deh aku minum minuman lain selain air putih, jarang banget, paling seteguk-dua teguk doang, itu juga karena suguhan waktu namu, bahkan kalo makan di restaurant atau tempat makan lain pun aku selalu pesen air putih. Gitu juga sama mi instan, bisa dibilang jaraaanngg..bangeeet makan mi-mi instan gitu. Nah kebiasaan-kebiasaan ini nih yang baru kerasa faedahnya pas moment-moment kayak gini.
Untuk antisipasi aja, aku coba cek kesehatan di lab prodia. PLN emang dari dulu selalu pake lab prodia buat tes kesehatan. Dari hasil lab, ternyata kolesterol, gula darah, asam urat, trigelserid, urin, semua normal. Cuma Hb aja yang rendah. Dan emang aku dah tau ini dari dulu. Susah banget naikin Hb, sebelum tes kesehatan aku dicekokin hati ayam, hati sapi sama mama, ada juga saripati ayam yang rasanya kayak larutan royco, trus tiap hari minum sari kurma. Semua itu buat ningkatin Hb. Nggak tau ngaruh apa nggak. Namanya juga usaha.
Hari-H pun tiba. Saatnya menjalani tes kesehatan di lab prodia Jogja. Tesnya dari pagi sampe sore, tes-nya macem-macem, dari mulai darah, urin, tes pendengaran, keseimbangan, EKG buat jantung, rontgen, fisik dokter. Karena mereka melayani 180 orang dalam 1 hari, alhasil kita kelamaan ngantrinya daripada tesnya, apalagi untuk tes fisik dokter. Untuk peserta cewek diperiksa dokter cewek, begitu juga sebaliknya. Untunglah yang cewek nggak pake bugil, soalnya denger-denger yang cowok suruh bugil, udah gitu mereka masuk ke ruamgan nggak satu per satu, tapi tiga-tiga, terakhir malah suruh masuk enam-enam. Hahahhaa..nggak kebayang gimana ekspresi mereka.
Satu kritik aja sih buat tes kesehatan PLN waktu itu, pas rontgen, ternyata operator rontgen itu semuanya cowok, tak terkecuali untuk peserta tes cewek, tetep aja operator rontgennya cowok. Agak risih emang, apalagi suruh buka jilbab plus baju untuk rontgennya tipis bukan main. Risih banget pokokny! Untungnya aku waktu itu pake daleman jilbab yang kayak topi, jadi bisa nutup kepala sampe telinga. Tapi dengan baju setipis itu..bener-bener nggak nyaman. Waktu tes pendengaran juga kita suruh buka jilbab dan operatornya lagi-lagi cowok. Mungkin lain kali lab prodia harus mempertimbangkan masalah etika seperti ini juga.
Tes kesehatan berlalu, mereka bilang kita harus menunggu kurang lebih dua minggu untuk tahu lolos atau tidaknya. Aku sendiri, antara berharap dan tidak, karena ternyata aku baru tahu belakangan kalau ini untuk penempatan luar jawa dan luar bali, tapi takdir kan Allah SWT yang menentukan, aku cuma bisa berusaha yang terbaik di tiap kesempatan.
Mungkin memang aku ditakdirkan untuk tidak terlempar ke luar jawa... :) ternyata aku nggak lolos. ini antara sedih dan nggak, bukannya pesimis, tapi hasilnya seperti yang aku duga. dan hasil ini sama sekali tidak membuat aku down. dan memang inilah yang jadi harapanku tiap kali aku tes kerja. aku sudah berusaha semampu aku, yang paling aku takutkan adalah ketika aku gagal, aku akan down dan nggak semangat lagi. itu yang paling aku takutin. dan aku cuma berharap sama Allah, jangan buat aku down, apapun hasilnya. dan Allah pun mengabulkan. :)
Aku tahu proses recruitment PLN ini menguras banyak energi, waktu, uang dan apalah itu pengorbananku. tapi hey, I'm not the only one! banyak juga kali yang gugur dan nggak cuma sekali, banyak yang berkali-kali ikutan tes PLN ini dan gugur, jadi pengorbanan aku bukan apa-apa. nggak ada alasan buat menyesal. ini adalah proses pembelajaran yang amat sangat berharga. jadi..tetap semangat!
wah kita senasip ya.... saya juga gagal di tes kesehatan.. padahal udah cek darah sebelumnya dan hasilnya normal...
BalasHapussedih sih... tapi apa mau dikata... hidup memang penuh liku dan perjuangan...
tetap semangat!!!
semangaaatt!!!! sesemangat PLN yang sampe sekarang aja masih terus merekrut pegawai :)
BalasHapus