BahWa untUK meNJAdi SEOrang juARA, kiTA HanYA HaRUs BERusaha sediiIIIKKIIItt leBIh bAIK dARi orANG laIN.....HAPPy reAdinG JOBseeKER!! :)

Selasa, 14 Desember 2010

Perusahaan Fiktif!

Pernah denger nggak sih tentang penipuan yang korbannya para pencari kerja?? Itu kayak misalnya ada iklan di Koran, setelah didatengin ternyata itu perusahaan fiktif, atau tentang sekelompok orang yang lagi tes kerja, begitu mereka kelar tes, ternyata dompet sama hape di tas yang dikumpulin waktu tes raib gitu aja diambil si pihak yang ngaku punya perusahaan itu?? Nah pernah denger kan cerita-cerita gitu? Tapi pernah nggak kamu jadi korbannya?? Saya pernah. -____-“

Hmmmhh…. Menulis kisah ini membutuhkan satu tarikan nafas yang panjang…seperti mengingat-ingat memori pilu yang kelam dan.. ah cukup!! Mari kita mulai. Jadi karena mendapat tekanan dari sekitar harus bekerja di kota yang nggak jauh-jauh dari kota dimana saya tinggal sekarang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Koran lokal di hari sabtu. Liat-liat lowongan kerja di Koran itu dan saya menemukan satu lowongan di kolom iklan kecik. ada lowongan untuk perusahaan garment, butuh lulusan S1. lokasi perusahaan nggak terlalu jauh, cuma 1 jam perjalanan dari kota ini. kalo aku dapet panggilan kerja di sana, aku bisa naik travel dan balik lagi dalam 1 hari. jadi aku pun memutuskan untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan ini.

Perusahaannya emang ada namanya. Dan seperti Voldemort dalam cerita Harry Potter, maka perusahaan ini pun namanya tidak boleh disebut. Jadi, “perusahaan yang namanya tidak boleh disebut” ini suatu hari mengirimkan panggilan kerja lewat sms. Ini udah biasa sebenernya, karena banyak perusahaan yang memang ngelakuin panggilan kerja lewat sms. Sampai di sini, belum ada yang aneh.

Seperti rencana awal, aku naik travel pagi langsung menuju ke perusahaan ini. begitu nyampe di depan perusahaan ini aku kaget mampus. Ini perusahaan jasa penyewaan jin atau apa, kayak rumah angker gini. Rumah tua, nggak terawat yang aku liat waktu turun dari travel ini katanya adalah perusahaan berbentuk PT.sukar dipercaya, dan yang lebih bikin kaget adalah waktu bapak sopir travel bilang. “mbaknya mau ke perusahaan ini?? jangan mau mbak. Itu diboongin aja, saya sering nganter orang ke perusahaan ini, mereka ujung-ujungnya Cuma dijadiin sales!” kata si bapak sopir menggebu-gebu.

Aku langsung lemes. Haahh?? Terus aku harus gimana..udah kepalang tanggung nyampe sini, akhirnya dengan langkah gontai terpaksa aku masuk juga ke rumah yang katanya perusahaan ini. ternyata mereka juga punya lobi. Begitu masuk, aku disambut embak-embak yang nyuruh aku nulis daftar hadir dan nunggu sebentar di lobi itu.

Nggak lama, si embak-embak nyuruh aku masuk terus aku ketemu sama mas-mas pake dasi yang lagi duduk di balik meja. Dia bawa CV yang aku kirim waktu itu dan dia persilahkan aku duduk. Ini katanya tes interview, tapi aku sama sekali nggak ditanya apapun soal aku! Helloo…rata-rata orang interview kan paling enggak ditanya apa kek, tapi ini nggak. si mas-mas ini langsung nyerocos soal proses recruitmentnya.

Jadi dia menjelaskan bahwa ada 3 tahap tes recruitmen. Pertama administrasi, dimana aku udah lolos, trus kedua interview, dimana ini sedang dilakukan, trus ketiga tes lapangan. Nah teng..teng..teng.. apakah itu tes lapangan yang dimaksud?? Dia langsung menyerahkan selembar brosur, di situ ada produk-produk, jadi aku paling nggak harus menjual 2 paket produk itu dalam waktu seminggu, setelah aku berhasil menjual 2 paket itu, aku langsung diterima sebagai pegawai tetap.

Aku nanya “terus masalah gaji pak?” dia bilang nanti setelah aku ngejalanin tes lapangan dan berhasil menjual 2 paket produk itu baru aku bakal dikasih tau masalah gaji. Cih! Ini jelas-jelas kayak MLM terselubung. Tiap pegawai berusaha merekrut orang lain buat jadi pegawai dan begitu seterusnya. Dan aku sama sekali nggak bersahabat dengan MLM. Dan misalnya kita nanti dalam waktu seminggu nggak menjual produk apapun itu pun mereka tetap untung, karena ternyata di sana aku harus bayar biaya pendaftaran sekian rupiah. Nggak banyak memang. Tapi ditipu semacam ini cukup membuat aku dongkol waktu itu.

Sempet bĂȘte banget memang. Tapi dipikir-pikir, jobseeker kalo belom ngalamin hal-hal kayak gini belom afdol kali ya?? Jadi berusaha ambil positifnya aja. Bahwa lagi-lagi ini adalah sebuah pengalaman banget buat aku. Anggap aja ini pengalaman konyol yang suatu hari bakal jadi lelucon yang bisa aku certain ke anak cucu kalo aku sukses nanti.. (*buahahahhaha ngemeng ape lu ir..ir..)

Akhirnya aku pulang lagi ke rumah dan kapok ngeliat-ngeliat lowongan di koran-koran lokal gitu, apalagi yang iklan kecik. Suka menipu!! -___-“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar